Ticker

6/recent/ticker-posts

Ruang Imajinasi Cipta Puisi dalam Lomba FLS2N SMA Kabupaten Tangerang

 


Selasa, 14 Mei 2024 para peserta begitu bersemangat menuangkan larik demi larik puisi dalam lomba cipta puisi. Lomba cipta puisi kali ini tema umumnya adalah "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi" sedang tema khusus atau tema kecilnya adalah Tanah Kelahiranku di Kampung halamanku. 

Dewan juri sebelum mengungkapkan teman cipta puisi berharap para peserta dalam menunggu puisinya didasari dengan bergembira, senang, mengalir tanpa merasa tertekan sehingga proses penciptaan akan lebih merdeka. 

Pada bidang lomba cipta puisi FLS2N SMA Kabupaten Tangerang ini adalah Kang Soleman Jaya dan Saefullah sebagai dewan juri. Koordinator lomba ibu Laelatul Qodriyah,S.Sos.I Dalam pantauan dewan juri para peserta begitu khusyuk dan menikmati cipta puisi. FLS2N SMA Kabupaten Tangerang ini dilaksanakan di SMA Pramita Kabupaten Tangerang.

Beberapa karya imajinasi melalui cipta puisi  hasilnya sangat bagus. Peserta mampu mengembangkan diksi berdasarkan pengalaman batinnya Tetapi dewan juri harus memilih peserta dengan karya terbaiknya yakni Juara 1 diraih oleh SMAN 28 Tangerang atas nama Aira C.Kirana, Juara 2 diraih oleh SMAN 13 Tangerang atas nama Indah Gita Cahyani, dan Juara 3 diraih oleh SMAN 8 Tangerang atas nama Alysa Salsabila.

Setelah diumumkannya para juara bagi para pesarta lomba yang belum mendapat juara jangan berkecil hati. Kunci mengembangkan diksi puisi adalah dengan cara meningkatkan dunia literasi para peserta sehingga banyak referensi, ketika akan menulis puisi. Literasi tersebut dengan cara membaca puisi sastrawan yang hebat seperti Sapardi Djoko Damono, Gunawan Muhammad, D.Zawawi Imron WS Rendra. Untuk memberikan motivasi kami pun foto bersama dengan peserta lomba cipta puisi FLS2N SMA Kabupaten Tangerang 2024. 

Di akhir pembicaraan ini kami mengucapkan terima kasih kepada panitia fls2n Kabupaten Tangerang yang hebat. Untuk mewujudkan sebuah kegiatan tentu banyak pengorbanan waktu, dana, pikiran, tempat dan fasilitas yang cukup. Penulis lihat kegiatan ini disponsori beberapa sponsor. Bagi penulis inilah kehebatan panitia yang mampu membangun mitra untuk mewujudkan kegiatan FLS2N SMA Kabupaten Tangerang. 

Panitia pun memberikan penghargaan berupa sertifikat tidak hanya berupa finansial, ini adalah salah satu penghargaan panitia terhadap dewan juri yang terus dikembangkan dan dipertahankan.

Dalam pelaksanaannya fls2n tiap tahun tempatnya selalu berubah. Perubahan tempat ini memperlihatkan banyak manfaat bagi peserta fls2n dan yang lainnya. Kebermanfaatan ini dapat dirasakan oleh peserta mengenal sekolah yang dijadikan tempat pelaksanaan fls2n, awalnya tidak mengenal dan tidak mengetahui sekolah tersebut.  Selain itu, ini bagian dari bantu pada sekolah yang dijadikan untuk menyelenggarakan fls2n menjadi nilai promosi sekolah tersebut. 



Posting Komentar

0 Komentar