Ticker

6/recent/ticker-posts

Teks Prosedur dalam Pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI

 

Berbicara tentang prosedural atau prosedur merupakan langkah kerja yang harus diikuti agar setiap kerja sesuai dengan prosedur. Apa itu prosedur? Istilah simpelnya prosedur adalah cara, langkah-langkah, dan tahapan yang harus ditempuh dalam mengerjakan sesuatu. 

Apabila orang-orang yang bekerja tanpa melalui prosedur maka akan terjadi kesalahan yang sangat fatal. Kesalahan yang sangat fatal bisa saja mencelakai orang atau dirinya yang celaka atau merugikan negara, merugikan perusahaan, merugikan orang lain karena kerja tidak sesuai dengan prosedur..

Dalam bahasa Indonesia diajarkan membuat teks prosedur. Teks prosedur ada pada kelas 11 di tingkat SMA. Teks prosedur adalah teks yang mengajarkan kepada pembaca mengenai cara memakai alat, membuat sesuatu, atau melakukan sebuah pekerjaan. 

Tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan atau memberitahu cara membuat, mengoperasikan, atau melakukan sesuatu sesuai dengan urutan tindakan atau langkah. 

Jenis teks prosedur ada tiga. Jenis teks prosedur adalah sebagai berikut: 

1. Teks prosedur sederhana sesuai dengan namanya teks prosedur sederhana merupakan teks yang berisi dua atau tiga langkah saja. Proses dan langkah-langkah yang dijelaskan dalam jenis teks prosedur sederhana juga tidak terlalu rumit dan mudah dipahami. 

Contoh teks prosedur sederhana mari kita coba lihat beberapa contoh teks prosedur sederhana untuk jenis ini, mungkin bisa dibilang cukup simple karena hanya berisi beberapa langkah saja dan sangat mudah diikuti titik misalnya cara memasak nasi goreng atau cara mengirimkan surat lamaran pekerjaan.

Nasi goreng adalah salah satu menu kegemaran banyak orang dan cukup mudah untuk dibuat di rumah titik berikut cara untuk membuat nasi goreng sendiri. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk satu porsi nasi goreng yaitu; (1) Nasi yang sudah didinginkan. (2) bawang putih 3 siung. (3) cabe rawit 3 buah. (4) telur 1 butir. (5) bawang merah 3 siung. (6) garam dan penyedap. (7) kecap. (8) minyak goreng. (9) daun bawang. 

Cara memasak; (1) haluskan bawang putih ma cabe rawit, dan tumis dengan irisan bawang merah dan telur hingga wangi. (2) masukkan nasi, aduk hingga merata, kemudian masukkan bumbu penyedap, garam, dan kecap secukupnya. (3) nasi goreng siap dihidangkan selagi hangat, semakin nikmat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. 


Membuat agar-agar

Membuat agar-agar atau jelly diharapkan menjadi makanan ringan di rumah-rumah karena agar-agar memberikan rasa yang sangat enak dengan tekstur kenyal dan lembut sehingga makanan ini cukup populer dan banyak disukai banyak kalangan khususnya anak-anak.

Bahan-bahan

1 bungkus agar-agar

600 ml air

160 gram gula pasir 

Buah-buahan kaleng sesuai selera

Mata de Coco

Selasih 

Alat untuk memasak adalah kompor, wajan, sinduk dan lain-lain. 

Langkah-langkah atau cara memasak

1. Persiapkan semua bahan

2. Iris tipis-tipis buah kaleng

3. Rebus air, agar-agar, dan gula hingga mendidih. 

4. Masukkan buah-buahan, nata de coco, dan selasih ke dalam cetakan atau gelas mini. 

5. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam cetakan dan didiamkan hingga dingin. 

6. Simpan dalam lemari es atau kulkas atau didiamkan saja sampai agar-agar mengeras. 

Demikianlah proses pembuatan agar-agar, akan lebih nikmat makanan ini disajikan saat musim panas di teras rumah dan dimakan bersama-sama. 


2. Teks prosedur protokol teks prosedur protokol merupakan jenis teks yang langkah-langkahnya tidak harus berurutan dan dapat dikerjakan pada bagian manapun terlebih dahulu tetapi tujuan akhirnya tetap bisa tercapai. 

3. Teks prosedur kompleks teks prosedur yang mempunyai banyak arahan secara detail. Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk di tiap tahapannya.

Jika ingin menyelesaikan aktivitas dengan bantuan teks prosedur kompleks kamu harus teliti dan mengikuti arahan sesuai urutan. Teks ini banyak digunakan pada aktivitas yang memerlukan banyak dokumen atau melibatkan banyak pihak. 

Struktur teks prosedur secara umum struktur teks prosedur terdiri atas empat bagian yakni; judul, tujuan, alat, bahan serta langkah-langkah, dan penegasan ulang. 


Posting Komentar

0 Komentar