Ticker

6/recent/ticker-posts

Mangga Podang antara Kediri dan Tulungagung

 


Sabtu, 30 September 2023 kami melakukan silaturahmi bersama teman-teman, memanfaatkan liburan. Di jalanan antara Kediri menuju Trenggalek dan Tulungagung kami menemukan mangga kecil berwarna kuning kemerah-merahan. Kami penasaran berhenti dan bertanya, pihak pembeli juga mempersilahkan untuk mencobanya dan ternyata mangga tersebut sangat manis rasanya. 

Menurut pedagang bahwa mangga tersebut bernama mangga kepodang. Mangga ini kuning kemerah-merahan jadi menurut pedagang kepodang ini berasal dari nama burung yakni burung kepodang warnanya kuning kemerah-merahan. Bulan September awal berbuah dan harganya ya masih terbilang mahal tetapi kalau sudah masuk musimnya kemungkinan harganya murah. 

Mangga kepodang merupakan buah mangga yang hanya ada di Jawa Timur antara Nganjuk, Kediri, Trenggalek, dan Tulungagung. Mangga ini pun kalau bulan puasa  dijadikan just kegemaran warga untuk berbuka puasa. 

Setalah mencicipi rasa buahnya yang manis maka, kamipun membeli untuk oleh-oleh di Serang. Dalam benak saya ini akan menjadi bahan cerita untuk teman-teman dan saudara sambil menikmati mangga kepodang. 

Posting Komentar

0 Komentar