Ticker

6/recent/ticker-posts

Pisang Warna Merah ini Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Kita

 


Saefullah 

Kisah pisang ini telah menjadi sejarah hidup saya mengenal dunia hutan dan berternak kambing. Pasalnya pisang ini sering saya temukan di hutan, kampung halamanku yakni kampung Sudamanik tepatnya di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak. 

Pisang ini nama familiarnya di kampungku pisang Hurang. Orang Sumedang mengenal dengan sebutan pisang kidang. 

Pisang dahulu hanya dijadikan pengobat lapar ketika menggembala kambing di hutan. Pisang ini juga seperti tidak ada harganya kadang saya temukan mateng di pohon dan sudah dimakan codot (kelelawar). Memakan pisang merah ini tiga buah saja sudah cukup membuat perut kenyang karena buahnya sangat besar. Kata teman-teman pisang telunjuk buta ijo artinya pisang itu besarnya kaya telunjuk buta ijo. 

Rasa pisang ini juga tidak seenak pisang Mulih, Ambon, Raja hampir oleh yang punya kebun dibirakan terlantar. Tetapi tahun 2000 pisang ini dianggap unik karena warnanya serta terdapat temuan kandungan dalam pisang tersebut banyak manfaat bagi tubuh kita. 

Kandungan pisang merah memiliki banyak vitamin serta memberikan banyak manfaat bagi tubuh diantaranya; 

1. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

2. Kaya akan antioksidan

3. Mendukung kesehatan mata

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh 

5. Kaya prebiotik

6. Tinggi serat 

7. Cemilan diet sehat 

Penulis pengurus karang taruna kecamatan Pabuaran lahir di Lebak-Rangksabitung aktif dalam mengembangkan dunia tulis berawal dalam dunia sastra dan dunia kesenian teater. Tulisan dalam bentuk puisi telah banyak dimuat di media massa serta dibukukan dalam antologi puisi. 



Posting Komentar

0 Komentar