Ticker

6/recent/ticker-posts

Syekh Nawawi kembali menetap di Mekkah

 


Selamat berjumpa kembali dengan para pencinta ulama. Kali ini saya akan melanjutkan kisah Syekh Nawawi Al Bantani untuk kisah kali ini berlanjut pada kisah sebelumnya. Kisah kali ini Syekh  Nawawi Al Bantani.

Setalah setelah sampai di tanah Banten Syekh Nawawi dengan tangguh memberikan syiar Islam pada masyarakat, demi memberikan pencerahan hidup. Meski tekanan dari kolonial Belanda bahkan intimidasi tidak menyurutkan Syekh Nawawi untuk terus berdakwah. Selain tekanan dan intimidasi Syekh Nawawi juga diadu domba oleh kolonial Belanda pada akhirnya Syekh Nawawi memutuskan untuk hijrah ke tanah suci Mekkah. 

Hijrahnya beliau tidak hanya sekedar meninggalkan tanah airnya tetapi beliau memberikan harapan kepada tanah airnya Indonesia karena pada akhirnya ada dua murid Syekh Nawawi Al Bantani yang menjadi ulama besar di Indonesia dan mendirikan ormas besar yakni Nahdlatul Ulama oleh kyai haji Hasyim Ashari dan Muhammadiyah oleh kyai haji Ahmad Dahlan. Dua organisasi ini menjadi tonggak perkembangan dunia pendidikan di tanah air Indonesia. 


Posting Komentar

0 Komentar