Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembuatan Modul Raport P5 Dalam Kurikulum Merdeka IHT SMAN 1 Ciomas


 


Selasa, 18 Juli 2023 SMAN 1 Ciomas melaksanakan In House Training (IHT). Pada hari ini materi yang disampaikan adalah P5 yakni lebih ke pembelajaran berbasis projek. Pada kurikulum sebelumnya pembelajaran berbasis projek hanya ada pada satu bidang studi aja. Akan tetapi di tahun ini semua sekolah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka. 

P5 dapat dikatakan pula dalam kurikulum merdeka adalah salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui 5 aspek utama yaitu potensi diri pemberdayaan diri peningkatan diri , pemahaman diri dan peran sosial. 

Maka penerapannya di kurikulum merdeka pembelajaran berbasis projek harus melibatkan semua bidang studi dalam satu gelar karya atau gelar prodak. Mengikuti ketujuh tema yang telah ditentukan dalam kurikulum merdeka. 

Pemahaman prodak dalam kurikulum merdeka bukan hanya dalam bentuk barang tetapi dalam non barang pun itu bagian prodak. Berdasar yang disampaikan oleh pemateri yakni ibu Erna dari SMAN 1 Cikande. Salah satu sekolah yang sudah menetapkan kurikulum merdeka di Kabupaten Serang. 

Menurut ibu Erna sekolah juga harus membuat Tim fasilitator P5 adanya koordinator dan fasilitator adalah semua guru. Tim fasilitator P5 ini agar kegiatannya terencana dan terarah. 

Prinsip-prinsip P5 yakni Holistik prinsip yang mengandung segala sesuatu secara keseluruhan. Berpusat pada peserta didik prinsip ini menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran aktif. Kontekstual prinsip yang berkolerasi dengan usaha mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata adalah kehidupan sehari-hari. Exploratif prinsip eksploratif perhubungan dengan semangat untuk membuka ruang bagi proses yang terstruktur maupun bebas. 

Posting Komentar

0 Komentar