Ticker

6/recent/ticker-posts

Menuntut ilmu menuju sukses

 


Perjalanan seseorang dalam mencari ilmu atau tholabul Ilmi apabila kita mau serius sudah jelas dijelaskan dalam kitab alala. Penjelasan mengenai yang ini adalah penjelasan utama dalam kitab tersebut. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan di bawah ini..

Dalam kitab nadhom alala dijelaskan dalam bahasa Jawa. "Alala tanalul ilma Illa bisitatin, sound Bika ana majmuiha bi'bayani ilingo Ndak  hasil ilmu angin 6 perkoro, bakal tak ceritaake kumpule ganti pertelo, dukain wahirsin wastibarin wabulghotin, kepala ayam wiresya diustadi watuli zamani, rupane limpad lubo sabar Ono sangune lan  piwulange guru lan sing suwe mamgsane.

Maksudnya begini tidak akan menghasilkan ilmu dengan baik kecuali dengan melakukan 6 perkara, nanti akan dijelaskan 6 perkara itu yakni pintar semangat sabar punya biaya ada guru dan lamanya waktu. Penjelasan ini juga perlu dikupas lagi dengan jelas artinya agar memperoleh ilmu yang bermanfaat yaitu ilmu yang bisa mengantarkan pemiliknya pada ketakwaan kepada Allah subhanahu Wa ta'ala. Ada 6 syarat yang harus dipenuhi yakni daya ingat, kecintaan kepada ilmu, kesabaran, biaya, bimbingan seorang guru, dan waktu menuntut ilmu yang cukup lama. 

Posting Komentar

0 Komentar