Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Manfaat Timun Suri Andalan Menu Buka Puasa di Bulan Ramadan

 


Timun suri atau sebutan bonteng puan istilah kata orang provinsi Banten antara Serang, Pandang, Lebak, Cilegon dan sekitarnya mengenalnya. Tanaman ini hanya ditanam khusus untuk menyambut buka puasa bulan Ramadan. Para petani sudah mempersiapkan sebulan sebelum Ramadan menanam timun suri, diharapkan panennya pas menjelang Ramadhan.

Buah timun Suri salah satu andalan masyarakat Banten dan sekitarnya dijadikan menu buka puasa, apalagi buka puasa bersama (bukber). Timun suri dijadikan menu buka puasa dalam pengolahannya tidak sulit cukup dikupas kulitnya lalu dipotong-potong dimasukan kewajan di kasih sirop atau gula langsung bisa dimakan. 

Tujuh Manfaat Timun Suri 

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tekstur buah timun suri yang lembut dan agak berserat. Timun Suri memang mengandung serat yang larut serta melimpah. Kandungan seratnya dapat membantu melancarkan pencernaan, sekaligus mencegah beragam penyakit yang menyerang lambung dan usus. 

2. Menurunkan Berat Badan 

Timun Suri sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Teksturnya sangat lembut dan mudah dicerna dapat membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Timun Suri dapat menjaga kesehatan kulit karena adanya kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kecantikan kulit. 

4. Kaya Antioksidan

Timun Suri juga adanya antioksidan dapat melawan segala bentuk penyakit karenanya mengandung potasium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

5. Tingkatkan Kesehatan Mata

Timun suri juga selain mengandung vitamin C tetapi mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang sangat baik untuk mata. 

6. Detoksifikasi Tubuh

Timun suri juga dapat membuang racun yang ada dalam tubuh. 

7. Kaya akan Guzi

Kandungan dalam timun suri diantaranya vitamin C, antioksidan, asam linoleat, Saponin, kalsium, zat fosfor, zat besi, asam askorbat, dan asam caffeic. Manfaat ini dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit flu dan infeksi, menurunkan kadar lemak dan kolesterol, sampai mencegah penuaan dini, kanker saluran pencernaan, dan penyakit jantung. 

Sumber ini berdasarkan bacaan di beberapa internet yang penulis atas nama Saefullah.  Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0 Komentar