Ticker

6/recent/ticker-posts

Bahasa Indonesia Ditetapkan sebagai Bahasa Resmi Konferensi Umum UNESCO

 


Berdasarkan sumber berita yang telah saya baca dari beberapa berita yang sangat menggembirakan ini. Sebagai guru bahasa Indonesia Saya sangat bangga dan saudara-saudara juga harus bangga sebagai bangsa Indonesia karena bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi konferensi umum UNESCO.

Keputusan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi konferensi umum UNESCO ditandai dengan diadopsinya resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sesi pleno konferensi umum ke-42 UNESCO tanggal 20 November 2023 di markas besar UNESCO di Paris, Perancis.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi konferensi umum UNESCO, di samping enam bahasa resmi PBB bahasa Inggris, bahasa Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia serta bahasa Hindi, Italia, Portugis dan bahasa Indonesia kali ini yang ke-10.

Dengan masuknya kurikulum Bahasa Indonesia di 52 negara di dunia dengan setidaknya 150.000 penutur asing saat ini menggunakan bahasa Indonesia. 

Hal ini karena kepemimpinan aktif Indonesia dikatakan global telah dimulai sejak konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955  yang menjadi bibit terbentuknya kelompok negara non-blok. Indonesia memiliki komitmen kuat untuk melanjutkan kepemimpinan dan kontribusi positif untuk dunia internasional, dengan berkolaborasi dengan negara-negara lain dalam mengatasi tantangan global melalui peran kekuatan Indonesia di forum g20 Tahun 2022 dan ASEAN tahun 2023 sebagaimana tutur Oemar Dubes. 

Menurut dubes Oemar mengatakan bahwa peningkatan kesadaran bahasa terhadap bahasa Indonesia merupakan bagian dari upaya global Indonesia untuk mengembangkan konektivitas antara bangsa memperkuat kerjasama dengan UNESCO dan bagian dari komitmen Indonesia terhadap pengembangan budaya di tingkat internasional. 

Posting Komentar

0 Komentar