Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengajian Antar Desa di Kampung Cisitu desa Kadubereum Kecamatan Pabuaran Literasi tafsir Kitab-kitab Pondok Pesantren

 


Minggu, 30 Juli 2023 pengajian bulanan antar desa di Kampung Cisitu desa Kadubereum Kecamatan Pabuaran. Pengajian telah rutin sebulan sekali dengan cara bergilir. 

Pengajian memiliki fungsi nilai sosial Hablum Minanas ( menjaga hubungan manusia dan manusia), memberikan siraman rohani terhadap masyarakat dan tokoh masyarakat yang hadir, memberikan upaya acara ruhiyah membina hubungan manusia dengan tuhannya yakni membina hubungan hambanya (manusia) kepada Allah SWT, dan memberikan asupan ilmu agama pada masyarakat yang hadir. 

Dalam nilai sosial berikutnya memberikan peluang kepada masyarakat untuk peduli bersedekah melalui perelek dalam setiap pengajian dilaporkan hasil sumbangan masyarakat oleh pengurus. 

Dalam pengajian ini terselenggara dua desa yakni desa Kadubereum dan desa Pasangrahan. Dalam pengajian ini juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan pada pejabat desa yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh sekdes Kadubereum mengenai ajakan belieu terhadap masyarakat untuk mengikuti pengajian rutin ini, selain itu ada informasi mengenai penyebaran penyakit demam berdarah di sekitar desa Kadubereum dan sekitarnya sehingga pak Ahyar menghimbau pada tokoh masyarakat, pak RT untuk mengajak pada masyarakat melakukan bersih-bersih agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

Seperti yang di sampaikan Ustadz Yani dalam ceramahnya mengingatkan pada jama'ah kalau mau ke mesjid harus ikhlas tanpa syarat. Jangan sampai mau ke mesjid karena kita nyaman, kalau kita dalam masalah dengan tetangga, teman sekitar jadi malas ke masjid. Justru itu, bagian dari ujian kita untuk pergi ke mesjid. Menurutnya bahwa hidup itu berpasangan ada yang tidak suka dan ada yang suka sama kita itu sudah ada dari zaman Rasulullah Saw. Rasullullah Saw pun dalam menjalankan dakwahnya ada golongan yang cinta padanya dan ada juga yang memusuhinya tetapi Rasulullah Saw terus diingatkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril. Pada akhirnya banyak yang memeluk Islam karena ketabahan dan keyakinannya. 

Menurut ustadz Yani setiap ada rong-rongan, ada masalah pasti ada kebaikan yang Allah SWT berikan kepada kita. Rong-rongan dan masalah merupakan hidayah dari Allah SWT apabila hambanya sabar menghadapinya. 

Kali ini KH.Qolil menjelaskan sifat 20 nomor ke 14. Kemuliaan manusia mengetahui sifat Allah SWT karena hakikat manusia adalah ciptaan Allah maka dengan mengetahui sifat 20 merupakan wujud syukur kepada-Nya. Semua yang terjadi karena kuasa Allah dari makhluknya sampai isi dunia yang kita nikmati saat ini. 

Posting Komentar

0 Komentar