Ticker

6/recent/ticker-posts

Nilai Sosial dalam hari raya Idul Adha


Idul Adha adalah salah satu hari kebesaran Islam yang memberikan banyak pelajaran serta nilai sosial bagi kehidupan umat manusia di dunia. Dengan melalui penyembelihan hewan kurban baik itu kerbau sapi maupun kambing, umat Islam tergerak peduli terhadap sesama umat manusia selain sesama umat muslim karenanya daging kurban yang telah disembelih dibagi-bagikan kepada semua orang yang membutuhkan. 
Pada saat Idul Adha kegembiraan tidak hanya pada satu keluarga tapi pada semuanya menikmati daging kurban. Yang berkurban tidak hanya kalangan yang mampu saja atau orang kaya tetapi banyak kalangan-kalangan yang orang-orang biasa menyempatkan menabung untuk memberi hewan kurban karena dengan berkurban kita telah mendapatkan banyak pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala. 
Inilah hasil dari jejak nabi Ibrahim dan nabi Ismail yang rela mengkurbankan anaknya nabi Ismail namun digantikan oleh hewan kambing sebagai qurbannya. Ada satu kisah yang membuat kita terketuk seorang nenek-nenek menyempatkan menabung kurbannya selama bertahun-tahun meski hanya kebeli satu hewan kurban. Dari kisah ini bahwa untuk berqurban bukan karena mampunya tetapi karena niatnya permasalahan terwujudnya tahun ini apa tahun depan tinggal bagaimana Allah limpahkanlah rizki pada yang bersangkutan, yang punya niat. 


Posting Komentar

0 Komentar